Search This Blog

Jan 16, 2015

Antiwacana : Nggak Semudah Lontarkan Kata

Hari ini gue mau bahas tentang wacana dan antiwacana. Udah sering denger kan ya orang-orang atau bahkan temen lo sendiri bilang "ah wacana lo" atau "eh ayodong antiwacana kita". Well, sebenernya wacana itu apa sih? Kalo dari kamus besar bahasa indonesia nih :

wa·ca·na n 1 komunikasi verbal; percakapan; 2 Ling keseluruhan tutur yg merupakan suatu kesatuan; 3 Ling satuan bahasa terlengkap yg direalisasikan dl bentuk karangan atau laporan utuh, spt novel, buku, artikel, pidato, atau khotbah; 4 Ling kemampuan atau prosedur berpikir secara sistematis; kemampuan atau proses memberikan pertimbangan berdasarkan akal sehat; 5 pertukaran ide secara verbal

tuh. wa-ca-na

First thing's first, kenapa gue bahas wacana? sedikit curhat sih ya guys, gue belum berkesempatan  lolos lomba ilmiah yang diadain di medan oleh universitas negeri di sana. huft sedih sih. tapi karena itu memang karya ilmiah gue yang pertama, jadi gue pantas untuk bangga walaupun ga menang. I tried, at least. And it takes a huge courage to be a first-timer, no? :)
jadi gue gagal liburan ke Medan.

kemarin juga seharusnya gue ke Bandung sama 2 temen SMA gue, tapi, lagi-lagi, itu hanya wacana.

Susah memang menghindari wacana. Gue bukan master antiwacana, tapi gue mau coba ngasih beberapa saran supaya ide liburan atau ide hangout lo antiwacana ;)

1. Cari temen yang satu jiwa satu raga sama lo
    Kalo ada satu aja temen lo yang mungkin sampai umur 20 tahun begini masih ga dibolehin pergi jauh sama temen-temennya, padahal temennya bukan tipe anak party, mending gausah diajak jalan jauh-jauh. Begitu juga temen lo yang mungkin ga suka main ke mall, ya jangan diajakin main ke mall lah. Pilih tempat dan temen yang sesuai. yang match. Bukan berati gue nyuruh pilih-pilih temen ya. nggak. Right man on the right place aja :)

2. Yang dadakan yang jalan
    Gue juga ga paham ya, tapi entah kenapa tiap kali gue rencanain jalan-jalan mendadak pasti selalu jadi. karena kalo rencana jalannya kelamaan biasanya org itu udah keburu ga mood atau males gerak atau ada rencana lain yang lebih dipentingkan. Nah kalo dadakan kan orang yang bersangkutan masih merasa excited sama rencana kita. Strike while the iron is hot, dude!

3. Well-planned trip
    Kalo berniat pergi jauh, ke luar kota atau luar negeri misalnya. Coba deh lo rencanain sematang mungkin. biar apa?
Yang jelas ketika lo ngajak temen lo, temen lo itu udah ngerasa "safe" dengan rencana lo yang matang. akomodasi tempat tinggal, transport, agenda disana mau ngapain aja. Gue pribadi kalo diajakin ke luar kota dengan orang yang udah merencanakan dengan matang, langsung gaspol. Walaupun nanti mungkin ada perubahan rencana, senggaknya kalian masih punya 'pegangan' agenda. Be your own tourguide!

4. 'Book' your friend
     Ide dadakan sebelumnya bukan berarti sehari sebelum berangkat atau H-sekian jam sebelum berangkat lo baru ngajak temen lo. Sedeket apapun tempatnya, percayalah, kalo temen lo udah keburu bikin janji sama orang lain juga nggak akan terlaksana kan?
seenggaknya 2 hari sebelum jalan lo udah booking temen lo untuk jalan lah. First come, first serve :)

5. Niat jalan
    INI NIH, yang terakhir dan yang paling penting. Kalo semua hal diatas udah dilakuin tapi temen lo atau bahkan lo nya sendiri ga ada niat serius buat jalan, YA UDAH. BHAY! DASAR WACANA!

KZL >:(


.FARRAH PUTRI

No comments:

Post a Comment