Search This Blog

Jan 15, 2015

Libur Panjang : Produktif atau Konsumtif?

Halo! Mungkin sekilas post ini tampak "yaelah". Tapi gue lagi dalam keadaan libur nggak tau harus ngapain sampai bener-bener googling "ide liburan panjang" wkwk. Nah dari situ gue jadi tau banyak hal yang bisa gue lakuin. dan ga semua yang gue tulis di post ini ada di post orang lain loh! atau kata agan-agan di kaskus #NoRepost


Jadi apakah lo mahasiswa? sedang libur panjang? di kampus nggak ada kegiatan yang bisa membuat lo aktif saat liburan?

Tenang men, lo ga sendirian. gue masuk kuliah tanggal 2 Maret... selesai perkuliahan udah dari tanggal 24 desember. Lama kan? kampus gue di Universitas Sebelas Maret, tepatnya Fakultas Kedokteran. Emang FK di UNS terkenal banget "ngebut"nya. bahkan anak-anak fakultas lain baru UAS pas januari. 

Nah yang bisa lo lakukan selama leyeh-leyeh di rumah ini gue bagi jadi 2 kelompok. Produktif dan konsumtif. Bisa lo ukur dengan keadaan dompet lo juga sih jadinya. Lo butuh duit? manfaatin deh liburan ini untuk nyari duit. Lo banyak duit? silakan banget hambur-hamburin duit (orangtua) lo :p

Konsumtif
1. Travelling
    Gue ga bakal bilang travelling ini menghamburkan duit sih. karena manfaatnya jelas besar. Lo akan "buta" dan merasa bodoh kalo nggak pernah eksplor daerah selain kota tempat lo tinggal. Travelling disini bisa banget lo isi dengan eksplor ke negara lain, eksplor provinsi di Indonesia yang belum pernah lo datengin. Dan kalo udah travelling, jangan pergi ke mall/taman bermain di tempat yang lo kunjungi, Sob. Sayang duit lo, itu baru namanya menghamburkan duit. Datangilah tempat-tempat bersejarah kota tersebut, pelajari budayanya, masyarakatnya, pemandangannya. Gue juga sadar akan hal ini dari adek gue sih, dia pernah bilang,
"Yaelah kalo cuma ke taman bermain sih di Jakarta dan sekitarnya juga banyak. Gitu-gitu doang"
Mungkin lo berpikir "yaelah gimana caranya gue pelajari budayanya sama masyarakatnya. Gue kan mau liburan"
Nah justru itu liburan lo. "Pelajari" kan bisa diinterpretasikan dalam banyak hal. Contohnya yang gue suka, fotografi. Cobalah hunting foto sekalian lo travelling. Biasanya sih udah sepaket haha. Bisa juga lo minta cobain baju adatnya atau ngobrol sama penduduknya.

2. Hang out
     Yang ini beda sama travelling. Lo bisa ajak temen-temen untuk ngopi-ngopi atau nge-teh cantik di cafe atau makan di restaurant, bisa jalan-jalan eksplor mall, nonton, dan tempat-tempat gaul lainnya. Disitu lo bisa reunian sama temen-temen yang mungkin jarang lo temuin deh. sharing gimana kehidupan kalian di masing-masing kampus. 
Kenapa gue nulis begini? karena temen-temen gue bener2 kepisah semua dan nggak ada yang satu kampus :''') dan susah banget sekarang untuk ketemuan. Dulu sih jalan ya asal jalan aja, sekarang harus menyamakan jadwal masing-masing dulu :'(

3. Ikutan Summer School/Summer Course atau Exchange Program
     Ini!!!!! Ini oke banget buat lo yang mau cari pengalaman sekolah di luar negeri dengan durasi biasanya 3-6 minggu aja. Kenapa gue masukkin ke grup konsumtif? karena biaya yang dikeluarkan juga nggak sedikit sob. Tapi untuk referensi, ada juga kok beberapa instansi yang menyediakan beasiswa summer school. salah satunya ada di website Universitas Kyoto di Jepang
Untuk program exchange, banyak sih ya yang nyediain. Bisa lo googling sendiri, cari-cari info. Atau mungkin lo cari tau di AIESEC kampus lo. apa itu AIESEC? bisa dilihat disini

4. Belanja
    Jujur aja, belanja itu bikin hati senang >< Yang gue maksud ga cuma belanja baju ya, belanja bahan masakan atau cemilan di minimarket pun bikin perasaan lega kok hahaha.
Bisa juga diganti jadi windowshopping. Liat-liat dulu deh barang-barang di mall, kalo ada yang bagus baru deh dibeli haha


Produktif
1. Freelance dan magang
     Banyak tawaran magang untuk mahasiswa. Freelance juga. Tergantung kemampuan sih, bisa web design, software design, marketing, magang jadi pelayan restaurant pun asik-asik aja. Namanya juga cari pengalaman ya ga? haha banyak banget website-website yang menyediakan "lahan pertemuan" antara pemberi job dengan freelancer. bisa di googling sendiri ya :) Untuk magang, bisa lo cari surat kabar, internet, socmed! Lumayan kan yah, menghasilkan duit \($_$)/

2. Olahraga
    Olahraga gue bilang produktif karena lo bisa membakar lemak haha bukan karena menghasilkan duit sih.. Tapi lo menabung kesehatan sob! Bisa renang, jogging, senam, yoga, fitness, sepedahan, jalan kaki. Banyak lah ya! Nah kalo di Solo tempat tinggal gue sekarang, ada kolam renang khusus muslimah, namanya kolam renang Isyka. Berasa kolam renang pribadi hehe enak lagi jam 7 pagi buka dan masih kosonggggg. apalagi sekarang hari sabtu juga udah buka buat umum sob, gaspol lah!

3. Baca Buku
    Beberapa orang mungkin bertanya "liburan baca buku?" Gue pun juga sering berpikir gitu, tapi bagi orang-orang yang emang hobi baca novel ataupun buku, ini bisa jadi ajang membaca sebanyak-banyaknya. Setidaknya kalo mereka ga dapet ilmunya dari buku fiksi, mereka bisa senang kok. Toh buku kan nggak cuma buku fiksi aja :))

4. Menulis
    Balik lagi ke masalah hobi. menulis juga bisa jadi freelancer btw. bisa menghasilkan duit kalo memang tulisan lo bagus. Orang yang hobi nulis di blog pun kalo pageviewersnya udah banyak banget pasti bisa mendatangkan duit dari sponsor yang mau "ngiklan" di blognya. Asik kan? Nah tapi itu, butuh skill nulis yang oke dan topik yang banyak dicari orang sih ya. Nggak kayak gue, yang masih pake kalimat lo-gue di blog hahahaha ga jago nyari duit da aku mah apa atuh ._.

5. Ikut science competition
    Sejak masuk Fak. kedokteran, BUANYAK banget kompetisi karya tulis, poster ilmiah, poster publik, sampai video edukasi yang ditawarkan. Skalanya udah pasti Nasional, bahkan sampai internasional. Mungkin awalnya terasa ngebosenin, tapi percaya deh, gue juga dulu bener-bener ga tertarik ikutan lomba-lomba kayak gini. Makanya agak nyesel sih ketika gue udah semester 5 gue baru mau ikutan, dan jadi ketagihan! Manfaatnya ada banyah sih, nih ya kalo lo lolos jadi finalis, lo akan jadi delegasi ke daerah yang mengadakan lomba. Dan biasanya ada city tour! Sekalian travelling kan? udah + tour guide yang ga perlu kita cari sendiri pula. Apalagi biasanya kalo kita jadi delegasi untuk lomba keilmiahan kayak gitu, kampus punya biaya sendiri untuk lahan ini. Artinya apa? tiket lo dibayarin sama kampus. Kalo beruntung bahkan biaya lo disana juga dibayarin. Tergantung masing-masing kebijakan institusi sih ya. DAN kalo lo menang so pasti lo dapet duit!!! dan bisa nambah tulisan di CV dong tentunya.

6. Ikut Lomba
     Ini gue bedain sama yang science competition yaw, karena di lomba-lomba ini bagi lo yang mungkin masih belum sanggup membuat karya ilmiah, bisa dijadikan alternatif cari duit hohoho. Kemarin gue baru kepikiran hal ini. Soalnya untuk travelling gue masih belum punya uang banyak, mau jadi freelancer tapi belum ada keahlian yang gue miliki. hiks. akhirnya gue buka deh tuh google dan masukin kata kunci "info lomba". beuh, yang keluar banyak banget cyin. Dari lomba-lomba bikin jingle, fotografi, sampai cuma undian berhadiah HAHAHAHHA beginilah mahasiswa butuh duit. Apapun dicoba asalkan halal ye ga?
Karena kebetulan gue ga pinter dalam hal berbisnis. Waktu disuruh praktek pelajaran ekonomi SMP jadi wirausaha aja gue mengalami kerugian T____T

7. Cari Judul Skripsi
    HAHAHAHAHA mungkin ini ide ter-aneh untuk mengisi liburan. Tapi bagi mahasiswa semester tua (kayak gue) yang bentar lagi udah harus berurusan dengan skripsi, bisa atuh dicoba cari judul. Daripada ditanyain bokap terus "mau ambil judul apa?" tiap kali makan malam huhu. Gue pinginnya sih ambil bagian lab histologi, insyaAllah. Pingin juga penelitian payung, biar hemat euy :') Banyak baca jurnal dan referensi buku sob. Seenggaknya bikin target supaya pembuatan skripsi lo ga memakan waktu banyak kemudian jadi menghalangi lo untuk liburan panjang semester berikutnya hahahaha

Okeeee segitu aja ide mengisi libur panjang dari gue. Alhamdulillah gue ga menghabiskan liburan di rumah aja sih, kebetulan dikasih kesempatan untuk ke kampus lagi, untuk ngambil SP hahahahahhaha gatau harus sedih atau seneng. disyukuri aja :))))) Untungnya banyak temennya yang ambil SP Blok Gastrointestinal. Doain gue lulus ya :)



.farrah putri









No comments:

Post a Comment