Search This Blog

Jul 11, 2015

Penduduk Kecamatan Kolbano

Sampai juga kami di Kecamatan Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. 1 hari pertama disini, gue masih nggak percaya kalo gue udah di NTT. Belum kelihatan perbedaannya dengan lingkungan di Pulau Jawa. Sampai kami bertemu dengan penduduk NTT yang mayoritas, -atau bahkan seluruhnya berkulit hitam-, barulah gue sadar.

Logat penduduk NTT bener-bener unik. campuran logat batak dan timor. Beta, ko, kitorang, hene, nok, makliat, dll. Tiap kali mereka ngomong rasanya gue selalu pingin bilang "SEKARANG SUMBER AIR SO DEKAT" pake logat iklan aqua. haha jahat ya :(

Pertemuan pertama kami dengan perangkat desa diawali dengan upacara sambutan. disana juga ada laporan tentang penduduk Kolbano. Penduduk kolbano mayoritas beragama kristen dan katolik. Sarana ibadah pun hanya ada gereja.

Dan kalian harus tau,  disini anjing liar berkeliaran banyak pollll udah kayak kucing di Pulau Jawa. Bahkan gue baru pernah liat kucing di NTT sekali doang. Anjing liar disini takut sama manusia, kurus kering, kerjaannya nyari nyari makanan sisa. Pokoknya kasihan deh. Disini juga tiap rumah punya babi :( ini pertamakali gue lihat babi secara langsung :( jiji :( di halaman belakang rumah kelompok gue juga ada babi diiket di pohon gitu entah punya siapa, kasian juga sih gaada yang ngasih makan. tapi bunyinya itu emang ternyata persis kayak yang selama ini di film-film atau kartun ya. tapi tetep jiji :(

Disini pasar hanya ada seminggu sekali, setiap hari jumat. Disitu bakal rame banget dan cepat habis karena warga juga kesitu semua.
Oiya, pekerjaan penduduk sini rata-rata penambang batu hias. Batu hias ini buanyak banget terdapat di pantai Kolbano. Ga ada pasir di pantai ini, tapi adanya batu hias karena lautannya banyak kandungan kapur.

Kemarin, banyak anak-anak kecil main ke halaman rumah kelompok gue, trus setelah main agak lama tiba-tiba ngomong gini,"kak, kalo kakak di jalan tiba-tiba digodain sama laku-laki sini, jangan dihiraukan. Banyak yang bunting dan tidak ada yang tanggung jawab disini" JENG JENG. jadi memang dari awal pembina kelompok gue udah wanti-wanti, kalo malam yang perempuan jangan keluyuran sendiri, harus ditemenin cowok. Katanya banyak yang mabuk. Yah alhamdulillah gue disini jam 8 malam udah ngantuk dan jam 9 udah tidur nyenyak :')


Intinya lama-lama seru sih disini. Semoga aja ya :)

No comments:

Post a Comment