Search This Blog

Jul 27, 2015

Lebaran di Kolbano

Selamat hari raya Idul Fitri 1436 H! Lebaran tahun ini pertamakalinya gue nggak di rumah. Bukan di Kota Solo, bahkan lebih jauh lagi. Kolbano, Nusa Tenggara Timur. Disinilah tempat gue tinggal untuk 1,5 bulan. Bermula dari Juli hingga pertengahan Agustus.
Gue sadar, waktu pertamakali memilih Kolbano sebagai lokasi KKN, Gue nggak akan bisa lebaran di Jakarta. Sebenernya mungkin bisa, tapi tiket PP Jakarta-Kupang mahal banget ya sist. Dulu pun sudah izin ke orangtua tentang hal ini, dan mereka udah rela, ikhlas gue ga ikut lebaran dan pulang kampung ke Kediri tahun ini.

2 malam sebelum lebaran, kan berati kami melaksanakan tarawih terakhir tuh ya, nah pinginnya shalat tarawih berjamaah sama yang cowok, tapi lagi-lagi, yang cowok diajakin shalat susah banget. Malam terakhir tarawih malah gitaran di halaman belakang nyanyi-nyanyi. Payah.

Malam takbiran, entah saat itu gue lagi pingin banget ke Masjid dan denger takbiran disana :(. Di rumah penginapan ini, nggak kerasa euforia lebaran, apalagi ramadhan. Malam takbiran malah ada yang teriak gini "Yes besok udah ga puasa, bisa makan puas". Padahal malam takbiran juga penanda bahwa bulan penuh pahala ini akan berakhir. Dan belum tentu tahun depan bisa ketemu lagi...

Paginya, 17 Juli 2015, gue sempat deg-degan. Karena apa? Ini hari lebaran. Dan biasanya gue haid tanggal 16-17. Baru aja kemarin tanggal 16 temen gue haid di hari terakhir puasa. NGENES BANGET. Padahal dia biasanya tanggal 18.
Alhamdulillah ternyata gue belum haid, akhirnya mandi saat itu pukul 04.00 WITA, gila sis, dingin puol!

Kami berangkat ke desa sebelah untuk ke Masjid, berangkat direncanakan pukul 05.30. Tapi sekarang pukul 06.00 dan belum ada tanda-tanda mobil jemputan tetangga kami yang datang. Udah was-was aja takut ketinggalan. Di saat kayak gini, rasanya pingin shalat di Jakarta karena pasti tepat waktu dan nggak nunggu jemputan orang tanpa kepastian yang jelas.

06.10. Akhirnya mobil jemputan tetangga kami datang, model mobilnya itu bak terbuka tapi ada atap dan kursinya, disini kendaraan umumnya ya kayak gitu. Namanya otto.
Jarak Kolbano dengan desa Qualin yang ada masjidnya sekitar 30km, atau ditempuh dalam waktu 30 menit naik otto. Di bak belakang otto, angin kencang menerpa kami semua, angin pagi di NTT dingin banget cuy. Tapi kami tetap terhibur dengan pemandangan pantai Kolbano sepanjang perjalanan. Bahkan ada yang berceletuk "Gapapa guys ini angin dari Australia, lumayan lah belum pernah ke Australia tapi udah ngerasain anginnya duluan, siapatau bisa jadi bule" wk. iya. ga nyambung.

Keadaan kami di otto sebenarnya lucu banget untuk didekripsikan, coba dibayangin aja ya guys hehe. Kami muslim ber-16 duduk desek-desekan di mobil bak terbuka yang udah dimodif jadi ada kursinya berjejer dan ber-atap. Bahkan 2 temen gue ada yang berdiri pegangan di bagian belakang mobil. Selama perjalanan ke Qualin, kami takbiran bareng-bareng, sambil liat pemandangan pantai. Romantis abis.


Sesampainya di masjid Qualin, gue baru merasa kalo ini adalah Hari Raya, karena akhirnya gue bisa melihat muslim lain pakai kerudung, sarung, kopiah. Tidak seperti Kolbano yang semua penduduknya Kristen dan Katolik. Namun tetap saja belum bisa mengobati rindu lebaran di rumah sama keluarga sendiri.
Shalat Ied telah usai, kami sekelompok bermaaf-maafan di depan masjid dan foto bareng dengan imam shalatnya hahaha. Se-rindu itu ketemu saudara sesama muslim.

Kami kembali pulang ke penginapan KKN. Setelah foto bareng, masing-masing anak sibuk menelfon keluarga. Disaat kayak gini gue baper lagi sedikit. Jelas beda feel-nya lebaran di Kolbano. Apalagi keluarga gue pas ditelfon semua pada rebutan ngomong, dari mulai Ayah, Mama, Ibet, Fajar, Lulu, dan Sarah. Hix kangen sama rame-nya rumah :(

Siangnya, kami menyembelih 3 ayam hidup yang kami beli seminggu sebelum lebaran di pasar kaget (pasar setiap hari jumat). Iya ayam yang dijual adalah ayam hidup, nggak ada ayam potong. jadi selama seminggu kami "memelihara" ayam-ayam itu di halaman belakang. Lucu deh, kita harus rajin kasih makan, trus pernah ada yang lupa ngunci pintu kandang sampai ayamnya ada yang lepas 1 dan harus dikejar sama cowo-cowo supaya ketangkep lagi hahahahha. Alhamdulillah kami buat opor ayam dan sambel kentang. Lumayan, lebaran makanannya nggak sedih-sedih amat.

Maklum kami hanya mahasiswa yang belum pernah mengolah hewan hidup langsung menjadi makanan, pembuatan opor ini dibagi menjadi berbagai pos. Ada pos penyembelihan, post "menguliti ayam", pos parut kelapa, pos peras santan, pos potong rempah-rempah, pos pemisahan jeroan, pos rebus ayam dan pos memasak opor.

Yang lucu adalah pos pemisahan jeroan, kami berusaha membuang kelenjar empedu tanpa memecah kantongnya supaya daging tidak terasa pahit. Usaha pemisahan jeroan ini serius banget udah kayak lagi surgery. Semua pun dituntut untuk ngebantu. Sigit dan beberapa teman yang lagi main ps bahkan sampai digedor pintu kamarnya oleh Bina :'''D

Alhamdulillah, bisa dikasih kesempatan dapet pengalaman lebaran di Kecamatan Kolbano. Jauh dari peradaban, jauh dari keluarga, dan se-bahagia itu ketemu saudara sesama muslim disini.

Taqabalallahu mina waminkum, Selamat Lebaran 1436 H. Semoga ibadah kita sebulan lalu diterima di sisi Allah SWT dan diberi kesempatan untuk bertemu dengan Ramadhan tahun depan. Aamiin yra.

2 comments:

  1. menyenangkan deh KKN-nya wajib :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa tadinya males-malesan tapi pas dijalanin banyak serunya Rhes hehe

      Delete