Search This Blog

Feb 15, 2014

Peristiwa Alam Gunung Kelud

Hello! Dah lama gue ga nyampah di blog hihi. Skrg gue ngepost dari Bloggeroid for Blogger loh! Iya baru aja download, hp gemini itemnya diistirahatkan. Tapi masih jadi alarm setia kok, karena suaranya banter pol.

Nah, baru 2 hari yang lalu, 13 februari 2014 pk. 22:50 gunung kelud yg terletak di pertemuan antara kediri, blitar, dan malang itu meletus.

Ya, mungkin awalnya denger kabar ini hanya akan menimbulkan pikiran "oh well, another volcano erupts. Bye" di sebagian orang yang tidak merasakan dampak langsung maupun ngga langsung dari letusan gunung ini.
Tapi gue, untuk pertama kali ngga berpikir kayak gitu. Dulu gue cuma berpikir gunung meletus itu yaa cuma ngeluarin lava. Meledaknya dikit doang. Pemikiran gue berubah setelah gue dapet pelajaran geografi, nonton berbagai berita, atau film tentang gunung berapi.


Dan untuk pertama kali, gue merasakan secara langsung apa yang ada di pikiran gue tentang gunung aktif.

Well sebenarnya ini yang kedua, dampak meletusnya gunung aktif di Indonesia ini udah pernah gue rasain, ketika gunung merapi meletus. But yes, dampak ga begitu parah. Cuma tiba2 pagi2 udah ada titik2 putih di mobil. Udah, cuma itu. Nggak ada hujan abu.
Memang, semenjak tinggal di Kota Solo untuk kuliah, 'kesempatan' gue ngerasain peristiwa2 alam dari gunung meletus maupun gempa jadi semakin banyak. Hahaha. Kenapa gue sebut 'peristiwa alam' dan justru bukan 'musibah' atau 'bencana'? Karena itu memang asli peristiwa alam yang indah, perilaku alam untuk menyeimbangkan environment. bukan karena campur tangan manusia. Kalo banjir tuh baru musibah, bencana!

Jadi ceritanya, sampai jam 11 gue masih asik browsing berbagai macam website. Biasa deh, mahasiswa libur kelamaan..
Nah biasanya walaupun udah tiduran di kasur, gue masih liat socmed lewat iPod. Iseng aja refresh2 sebelom tidur. Pada hari itu gue inget belum buka twitter dan website berita sama sekali.

Tiba-tiba, ada dentuman pertama. Bukan, yang pertama gue pikir adalah : oh mungkin ada binatang lg jalan di atap kost gue, seperti biasa, suka ada dentuman di atap karena tikus atau musang atau apapun itu.
Tapi gue simak baik2 dentumannya, suaranya kayak lebih jauh dari sekadar dentuman di atap... dan samar-samar tapi pasti.
Di samping kasur gue ada jendela yang mengarah ke jemuran, yang selalu gue buka jendelanya walaupun malam hari hanya gue tutup dengan gordyn. Nah, setiap kali dentuman itu terdengar, gordyn kamar gue itu kayak terdorong ke dalam kamar oleh angin yg lumayan kenceng.
Akhirnya gue pikir : oh mau hujan ya. Anginnya kenceng lagi.

Karena di Solo kalo mau hujan gede emang begitu ciri-cirinya. Angin besar ditambah suara gemuruh petir.
Aku kirim line ke temen kost yang malam itu sedang ldk di masjid UNS "Tan, tolong liat keluar masjid dong, anginnya lagi kenceng ya?"
Kemudian suara dentuman itu makin ganjil di telinga gue, rasanya serem. Makin lama kayak bukan suara gemuruh mau hujan. Jendela juga samar-samar bergetar. Itu sekitar hampir jam 00:00. Karena gue heran, gue buka path.

Ada temen gue, Iga, yg ngepost "dum! Dum! dum! Itu apaaa :'("
nah! Berarti bukan cuma di sekitar kampus aja yang ngerasain itu. Secara si Iga ini rumahnya jauh dari kampus.

Gue putuskan untuk buka twitter.

YaAllah..... ternyata gunung Kelud meletus. Gunung itu terletak dekat rumah mbahkung gue, yang tinggal di kabupaten Kediri. Meletus. Gue liat semua beritanya dan itu... mengerikan. Langsung aja gue telfon rumah di Jakarta.

Tujuh, delapan, sembilan kali 'tuut' tapi nggak ada yang menjawab. Well gue ngerasa ini berita darurat dan harus langsung dikabarin. Dan gue pikir juga biasanya adek gue yang umur 3 tahun masih belum tidur jam segitu, pasti ayahdibangunin sama dia.

Ayah : halo?
gue : assalamualaikum, yah gunung kelud meletus, katanya letusannya sampe setinggi 3000m (saat itu)
Ayah : ya Allah.
Gue : iya getaran sama bunyi letusannya kedengeran sampe solo td. Mbahkung gimana tuh?
ayah : ooh yaudahya ayah mau telfon mbahkung dulu.

Itu yang gue suka dari ayah. Ketika gue udah super panik dan ngomong dengan suara meninggi, dia biasanya masih sangat tenang, secara ga langsung ngebuat gue ngerasa 'oke berati insyaAllah gpp'

akhirnya gue memutuskan untuk tidur. Gue pikir cuma dentuman aja yang sampe Solo.
Paginya, sehabis solat subuh gue buka twitter dan path, niatnya liat perkembangan kelud. Eeh ternyata temen2 di Solo udah ngepost 'salju2!' Temen di jogja juga sama.. langsunglah gue lari ke balkon luar....

Dan astaghfirullah, gue langsung keinget cerita film Silent Hill, abu putih udah menumpuk di atap rumah, mobil gue, jalanan...

tunggu, MOBIL GUEEEE!!!!!!!
Seketika pasrah dengan abu di mobil yang jauh lebih tebel daripada ketika merapi meletus. Pasrah. Akhirnya foto2 aja haha.
Saat itu masih hujan abu. Gue selesai foto2 aja ada beberapa abu yang nempel di layar handphone. Hix sedih.
Nih gambarnya



Trus gue memantau berita kelud lagi sambil ditelfon ayah. Yang pertama kali ditanya adalah : mobilnya gimana?
ahahahaakk~ gue fotoin deh




Akhirnya gue membatalkan semua rencana hari itu, bener2 semua. Haha emg apa aja sih rencana gue? Kok kayaknya sibuk amet.
Ga kok. Gue tadinya cuma mau ke kolam renang, kulineran, sama jalan2 aja. Tapi pasti kolam renang udah jadi kolam abu dan tempat makan banyak yang tutup sementara.

Akhirnya gue masak di kost. Itu udah sekitar pk. 8 pagi

Jam stgh 10an pas gue mau siap2 masak buat siang, ada bahan masakan yang tertinggal di kamar. Pas gue mau masuk,kok suasana lorong lantai 2 kost gue tiba2 gelap banget. Ya, gelap. Warna suasananya oranye kecoklatan gitu. Gue liat jendela keluar,
Gilak, edan, kampret, langit warnanya merah kecoklatan gitu. Gue buru2 minta masker ke Ifa, karena masker gue habis buat praktikum!!!! Setelah gue pake masker dan kacamata, gue perhatiin diluar tuh lg kenapadah kenapa heboh.
Ternyata ada angin kenceng bgttttttt dan gue liat dengan jelas ketika angin itu lewat atap bank BNI dan abu vulkanik ikutan kebawa. Serem abis..

banyak bandara yang ditutup juga, diantaranya Adi Sucipto Jogja, Adi Sumarmo Solo, Juanda Surabaya, dan bandara Semarang. Bahkan katanya tumpukan abu di jalanan bandara Adi Sumarmo Solo setebal 5cm! Edyaaannnnn

Akhirnya gue inget2. Perasaan gue pernah ke gunung kelud deh, tp yang mana ya....
oh!!!!!!! Iya waktu mudik thn 2013 lalu gue kesana, dan pas gue bandingin dgn foto ketika erupsi, ngeri bgt coy. Nih gambarnya



Jam setengah 11 pagi. Ada suara gemuruh. Sumpah gue takut itu letusan susulan, karena ada yg bilang, malam itu yang meletus baru kubahnya. Belum gunungnya. YaAllah..
Tapi ternyata itu gemuruh akan hujan. Yes! Gue pikir, at least abu di mobil gue bisa kesapu secara natural lah ya.
Unfortunately ternyata cuma gerimis!!!!! Gue makin panik lah. Soalnya abu vulkanik kalo kena air cuma dikit, (maksudnya nggak langsung ngguyur habis) bakalan jadi super nempel banget... gawaaaat

Akhirnya gue masukin mobil ke garasi kosan. Dan gue cuci sendiri. IYA CUCI SENDIRI, keren kan gue ga cuma tau nyetir doang. Susah bgt cuy, gue bersihin mobil sampe kering ada kali 2 jam...

Karena nyuci mobil di jasa carwash solo is too mainstream that day :



Ternyata mbahkung dan keluarga ngungsi di masjid besar deket rumahnya. Cuma jalan 10 langkah kokkk. Ngungsinya pun bukan karena ancaman lava, lahar dingin atau wedus gembel. Tapi karena pasir yang numpuk di atap sampai setebal 15cm yang membuat beban genteng bertambah besar, takut roboh, kata ayah.

Seharian itu akhirnya gue pake masker dan kacamata. Oh dan btw, sore harinya gue denger itu si hujan abu nyampe Bandung, dan malam kayaknya sampe jakarta,tapi kurang tau sih. Diperkirakan emang abu bakal sampe sumatera selatan.

Well, stay safe everyone! Wear ur mask, glasses and stay indoors! Semoga masyarakat yang berada di penampungan dan yang tertimpa hujan abu selalu dilindungi Allah SWT dan diparingi kesehatan, aman, lancar, & barokah. Aamiin.

posted from Bloggeroid

No comments:

Post a Comment